Sabtu, 15 Maret 2014

Cara menonaktifkan penulisan Huruf Capital di Photoshop




Selamat pagi sahabat blogger, semoga anda sehat selalu. Amiin…
Apakah anda suka edit-edit foto ? jika iya Aplikasi apa yang anda gunakan ? pernahkah anda menggunakan photoshop ? saya harap anda pernah menggunakannya. Photoshop adalah sebuah aplikasi pengeditan foto besutan adobe system incorporated yang mana performa dan kualitasnya diakui seluruh dunia dan merupakan aplikasi pengolah citra yang sangat populer.
Disini saya akan memberikan sedikit solusi bagi anda yang pernah merasakan apa yang pernah saya rasakan
sebelumnya tentang photoshop. Yaitu pada saat anda memilih Harizontal type tool (text), lalu mengetikkan sebuah kalimat di lembar kerja. Dan ternyata huruf yang diketik berupa huruf kapital (uppercase) walaupun caps lock dalam keadaan off.
Awalnya sih bingung kenapa bisa begitu, di searching di google pun tak ada artikel yang menjelaskan bagaimana memecahkan solusinya dan kemungkinan yang ada dalam benak saya adalah kesalahan dalam penginstalan photoshop.
Saya putuskan untuk install ulang, tapi sebelum di uninstall saya coba sekali lagi untuk mencari solusinya, dan Alhamdulillah solusinya pun dapat. Nih langsung aja saya kasih tau :
Pertama, buka dulu aplikasi photoshopnya ( all version boleh, apapun itu. Saya menggunakan CS4 )
Kedua, aktifkan tool Horizontal type tool yang ada sebelah kiri, simbolnya berbentuk T
Ketiga, lihat di menu atas (tool bar), klik toggle the character and paragraph panel
Keempat, non aktifkan All caps yang simbolnya berbentuk TT.
Selesai, dan anda pun bisa mengetikkan text dengan menggunakan fasilitas Caps Lock (uppercase dan lowercase)
Semoga bermanfaat buat anda semua, terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa !

2 komentar:

  1. Terimakasih infonya min...
    Sukses selalu min buat mimin....

    BalasHapus
  2. makasih bro, sangat membantu, jujur aku cari di bayak referensi gak ada yang bahas ini, sangat terbatas, makasih udah berbagi ilmu,

    BalasHapus