Kamis, 09 Januari 2014

Sejarah Perkembangan corelDRAW


Selamat malam teman-teman semua, apa kabar ?, semoga anda semua sehat selalu. Okay, malam ini saya akan mempersiapkan sebuah artikel khusus untuk anda setelah sekian lama tidak posting lagi. Maklum, kegiatan kuliah serta beberapa kegiatan lain yang super padat membuat saya mengurungkan niat untuk mengurus dan menyusun blog My Life lagi. Kali ini kita akan membahas tentang “sejarah perkembangan corelDRAW” yang khusus disusun untuk
menandai comeback saya didunia blogger, Hehehe. Sebelum kita bahas lebih jauh ada kalanya kita baca synopsis berikut ini (hahaha macam film aja, ada sinopsisnya). Alpiand comeback !!!! :D
CorelDRAW adalah software pembuat grafik vector yang mana dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di Ottawa, Kanada. Yang kemudian menjadi nama paket editor grafis Corel. Aplikasi ini sangat diminati sekali oleh para designer untuk membuat Vector Art design. Seperti logo perusahaan, icon dekstop, icon program, banner, Stancel Photos, Theme Picture T-shirt, basic sketch grafity, cover, print Ads, dan masih banyak lagi.
Cdr kini merilis seri terbarunya yaitu cdr x6. Tapi taukah anda ? CorelDRAW memiliki 16 versi termasuk versi yang terakhir X6. Cerita CorelDRAW bermula pada tahun 1985, dimana Dr. Michael Cowpland salah seorang staf dari Corel Corporation Ottawa, yang memulai menjual produk Corel pada Intel Based desktop publishing systems. Lalu perekrutan 2 orang programmer yang bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vector. Lalu CorelDRAW berkembang pesat sampai saat ini dengan Versi terakhhirnya yaitu CorelDRAW Graphic Suite X6. Okay, tidak perlu banyak basa-basi, langsung aja baca intinya dibawah ini…
Cerita CorelDRAW bermula pada tahun 1985, dimana Dr. Michael Cowpland salah seorang staf dari Corel Corporation Ottawa, yang memulai menjual produk Corel pada Intel Based desktop publishing systems. pada tahun 1987, Corel Corporation mempekerjakan teknisi software Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vector untuk disatukan dengan sistem desktop publishing mereka. Mulanya program CorelDRAW dirilis pada tahun 1989, CorelDRAW 1.x dan 2.x berjalan pada Windows. CorelDRAW 3.0 rilis bersamaan dengan microsoft windows 3.1. Fakta yang terdapat dalam true type pada windows 3.1 merubah CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat menggunakan Sistem instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Type Manager.
                            Dr.mIchael cowpland

                          Michael Bouillon & Pet Beirne

CorelDraw sejak awal dikembangkan untuk Windows dan saat ini dapat berjalan pada Windows 2000 dan versi selanjutnya. Versi untuk Mac OS dan Mac OS X pada awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan. Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi 5.0. untuk Linux, Versi terakhir dibuat tahun 2000. Corel pada Linux tidak berjalan langsung di atas platform, namun harus menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang digunakan untuk meng-install Photoshop pada Linux.

A.      Versi CorelDRAW serta perilisannya :
a.       CorelDRAW versi 1.01 dirilis pada tanggal 1 Januari 1989.
b.      CorelDRAW versi 1.01 dirilis pada tanggal Maret 2 1989.
c.       CorelDRAW versi 1.02 dirilis pada tanggal 2 April 1989.
d.      CorelDRAW versi 1.10 dirilis pada tanggal 2 Juli 1989.
e.      CorelDRAW versi 1.11 dirilis pada tanggal 2 Februari 1990.
f.        CorelDRAW versi 2 dirilis pada tanggal 1 september 1991.
g.       CorelDRAW versi 3 dirilis pada tanggal 15 mei 1992.
h.      CorelDRAW versi 4 dirilis pada tanggal 20 Mei 1993.
i.         CorelDRAW versi 5 dirilis pada tanggal 27 Juli 1994.
j.        CorelDRAW versi 6 dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995.
k.       CorelDRAW versi 7 dirilis pada tanggal 8 oktober 1997.
l.         CorelDRAW versi 8 dirilis pada tanggal 27 oktoberl 1998.
m.    CorelDRAW versi 9 dirilis pada tanggal 31 agustus 1999.
n.      CorelDRAW versi 10 dirilis pada 13 november 2000.
o.      CorelDRAW Graphics Suite 11 dirilis pada tanggal 1 Agustus 2002.
p.      CorelDRAW Graphics Suite 12 dirilis pada 10 februari 2004.
q.      CorelDRAW Graphics Suite X3 dirilis pada bulan 17 januari 2006.
r.        CorelDRAW Graphics Suite X4 dirilis pada tanggal 15 februari 2008.
s.       CorelDRAW Graphics Suite X5 dirilis pada tanggal 23 februari 2008
t.        CorelDRAW Graphics Suite X6 dirilis pada tanggal 20 maret 2012
B.      Penjelasan setiap versi CorelDRAW
1.       CorelDRAW versi 1

CorelDRAW versi 1 berjalan dibawah windows 3.0 dan 3.1. corelDRAW ditransformasikan kedalam ilustrasi serius yang mampu menggunakan font. Instalasi software ini hanya menggunakan 2 disket 3.5 inch. Fiturnya sederhana namun cukup handal untuk ilustrrasi/gambar pada saat itu. Software ini sudah memadai untuk membuat kartu undangan,kartu nama, logo, dan kop surat. Fitur andalannya pada saat itu adalah Bezier tool dan shape tool. Di versi ini sering mengalami perombakan ulang sampai menempuh 5 kali update dalam jangka waktu 1 januari 1989 sampai 2 februari 1990.
2.       CorelDRAW versi 2

Di versi corel banyak menambah fitur baru antara lain Envelope Tool (Untuk memecah teks atau objek menggunakan shape utama), Extrusion (untuk mensimulasi gambar dan volume dalam objek) dan Perspective (Untuk memecah objek sepanjang X dan Y)
3.       CorelDRAW versi 3

Di versi ini corel melakukaan perbaikan dari efisiensi memory sehingga kinerja corelDRAW lebih cepat. Kini desaign dapat dilihat/dipreview secara real-time tanpa harus tampilan wireframe lagi. Corel photopaint juga diluncurkan pada versi ini.
4.       corelDRAW versi 4

Di versi ini corel sudah bisa multi-page. Kemampuannya ditingkatkan sebagai software desktop publishing seperti Page Maker. Hanya saja di versi ini harus dibayar dengan penggunaan resource computer yang lebih tinggi. Lagi pula banyak ditemukan bug/error di versi ini.
5.       CorelDRAW versi 5

Versi ini cukup populer dan cukup lama digunakan oleh para desaigner karena dilengkapi ddengan colour management kalibrasi layar, printer, scanner, effext powerclip, artistic media, lens dan bitmap effect. Versi ini adalah yang paling berhasil di windows 3.1. tapi versi ini hanya bisa menyimpan file dengan jumlah nama maksimal 8 karakter.
6.       CorelDRAW versi 6

Karena adanya Windows 95, CorelDRAW versi 32-bit ini pun disesuaikan agar bisa berjalan baik disistem operasi baru tersebut. Diversi ini tidak banyak fitur baru yang ditambahkan. Di versi ini juga sering bug/error sehingga pengguna beralih kembali ke versi 5.
7.       CorelDRAW versi 7

Versi ini lebih stabil dari versi sebelumnya. Banyak fitur baru yang ditambahkan, antara lain : Keunggulan dari setiap versi : Properti bar yang sensitif (Context-sensitive Property bar), Print Preview dengan Zoom dan Pan, Scrapbook (untuk melihat, menggeser dan menempatkan objek), mencetak ke dalam HTML, Draft dan Enhanced display, Interactive Fill dan Blend tools, Transparency tools, Natural Pen tool, mencari & mengganti wizard, merubah Vector menjadi Bitmap (ketika dalam CorelDRAW), pengecek ejaan (Spell checker), Kamus (Thesaurus) dan pengecek susunan bahasa (Grammar checker). Corel Scan and Corel Barista (dokumen pertukaran format berbasis java ) juga termasuk dalam versi ini. Versi ini lebih cepat dari yang sebelumnya dan tidak perlu upgrade hardware untuk menggunakan aplikasi ini.
8.       CorelDRAW versi 8

Versi ini hadir dengan fitur Drop Dhadow, Distortion tools, dll. Tapi diperlukan spek hardware yang besar khususnya memory untuk bisa menggunakannya dengan lancar dan stabil.
9.       CorelDRAW versi 9

Versi ini memiliki kecepatan yang tinggi dan kompatibel dengan adobe photoshop, support alpha channel dan dilengkapi fitur artistic media, dan publikasi ke fitur pdf. Versi ini juga memiliki tampilan warna yang cerah dan proses print yang sangat cepat.
10.   CorelDRAW versi 10

Versi ini memiliki fitur tambahan : CorelR.A.V.E. (untuk animasi vector), Perfect Shapes, Web graphics tools (untuk membuat element-elemen yang interaktif seperti tombol), penyortir halaman (Page sorter), dokumen multibahasa (multilingual document support), petunjuk window (navigator window). buka, simpan, import dan eksport dalam format SVG.
11.   CorelDRAW versi 11

Fitur barunya adalah : Kumpulan simbol-simbol (Symbols library) yang langsung dapat diambil, memotong gambar (untuk mendesain web), pressure-sensitive vector brushes, 3 titik alat menggambar (3-point drawing tools).
12.   CorelDRAW versi 12

Versi ini lebih stabil dari versi yang sebelumnya dan ditambah fitur yang biasa ada di AutoCAD seperti dynamic Guideline dan Snap to Object sehingga menggambar akan lebih presisi dan sempurna. Namun proses print diversi ini sangat lambat.
13.   CorelDRAW versi X3

Fitur baru dari versi ini adalah : memotong dengan mengklik 2 kali (software vector pertama yang mampu untuk memotong sebuah grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama), Smart fill tool, Chamfer/Fillet/Scallop/Emboss tool, ruang pengaturan gambar (Image Adjustment Lab). Menjiplak/Trace menjadi terintegrasi didalam CorelDRAW dibawah kendali PowerTRACE.
14.   CorelDRAW versi X4

Fitur barunya antara lain : Layanan pengidentifikasi huruf (font) terkait didalam CorelDRAW, ConceptShare, Table tool, independent page layers, live text formatting, mendukung file kamera *.RAW. versi ini dibuat untuk mengatasi kompatibilitas dengan Windows Vista.
15.   CorelDRAW versi X5

Versi ini kompatible dengan processor multicore dan SO Windows 7. Fitur tambahannya adalah : pengaturan isi (CorelCONNECT), pengelolaan warna, alat-alat grafis dan animasi, pengembangan kinerja multi-core, konten digital bernilai tinggi (profesional huruf/fonts, clip arts, dan foto-foto), mengisyaratkan objek (object hinting), pixel view, Mesh tool ditingkatkan dengan transparansi, menambahkan dukungan sentuh (added touch support), dan mendukung berbagai format file. Corel  telah mengembangkan transformasi, yang mana dapat membuat banyak salinan dari satu objek.
16.   CorelDRAW versi X6

Nah yang terakhir, dirilis pada tanggal 20 maret 2012. Versi ini telah tersedia  2 versi, yaitu 32-bit dan 64-nit. Untuk versi 64-bit tentunya akan lebih menyenangkan apabila dikomputer kita terpasang memory lebih 4 gb dengab gpu yang mumpuni untuk urusan desain grafis.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan, semoga tulisan ini bermanfaat buat teman-teman semua. Terima kasih !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar